Kumpulan artikel untuk semua

15/10/2009

Perencanaan Karir

Filed under: Beranda — Tag:, — kaylajg @ 15:24

Apa itu Perencanaan Karir

Perencanaan karir adalah suatu proses yang digunakan sesorang untuk memilih tujuan karir dan jalur karir untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Secara umum, tahapan perjalanan karir seseorang dapat dikelompokkan kedalam 5 tahapan yaitu pertumbuhan, penjajakan, pemanta[an, pemeliharaan dan kemunduran. Pengelompokkan itu didasasarkan pada usia.
Pada usia dibawah 15 tahun
Pada tahap ini diakhiri dengan adanya konsep tentang minat dan kemampuan dan mulai berpikir tentang alternative keahlian.
Pada usia 15 sampai 24 tahun
Pada tahap ini seseorang berada dalam tahap penjajakan. Dalam usia ini, mereka mulai menggali beberapa keahlian secara serius dan mulai mencoba untuk bekerja.
Pada usia 25 sampai dengan 44 tahun
Pada tahap ini, seseorang berada dalam tahap pemantapan. Mereka secara terus-menerus melakukan pengujian terhadap kemampuan yang dimilikinya dan mencoba untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
Dari usia 45 hingga 65 tahun
Pada tahap ini seseorang, sudah berada dalam tahap pemeliharaan yang artinya ia tidak lagi akan berusaha untuk mencari pekerjaan yang baru, melainkan akan mempertahankan pekerjaannya yang sekarang.

Langkah-langkah Perencanaan karir

Menilai diri sendiri
Hal utama dalam memulai perencanaan karir adalah bertanya atau memahami diri sendiri. Misalnya, orang seperti apakah saya? Ketrampilan apa yang saya miliki? Bagaimana dengan bakat dan nilai yang saya miliki? Apakah saya menyukainya? Apa yang menjadi kekuatan atau kelebihan dan kelemahan atau kekurangan saya?Menetapkan Tujuan Karir
Setelah seseorang dapat menilai kekuatan, kelemahan, bakat dan setelah mendapat pengetahuan tentang arah dari kesempatan kerja, maka tujuan karir dapat dibentuk.
Menyiapkan rencana-rencana
Rencana tersebut mungkin dibuat dari berbagai macam design kegiatan untuk mencapai tujuan karir.
Melaksanakan rencana-rencana
Untuk mengimplementasikan satu rencana kebanyakan diperlukan iklim organisasi yang mendukung. Artinya bahwa manajemen tingkat atas harus mengajak semua tingkatan dari manajemen untuk membantu bawahan mereka dalam meningkatkan karir mereka.

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Blog di WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: