Kumpulan artikel untuk semua

21/10/2009

Krisis listrik ditengah gemerlapnya investasi

Filed under: Beranda — Tag:, — kaylajg @ 17:23

Pemadaman bergilir yang melanda sebagian besar Propinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar merupakan fenomena yang baru bagi masayarakat dikota ini, pemadaman ini diakibatkan karena rusaknya salah satu pembangkit listrik disebuah kabupaten di Sulawesi Selatan demikian bunyi himbauan yang dikeluarkan oleh PT. PLN Sulselbar.

Dalam jumpa pers yang dilaksanakan oleh Gubernur Sulawesi Selatan., Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa dampak utama dari pemadaman adalah kurangnya debit air  di bendungan bakaru sehingga supply air tidak mampu memutar turbin pembangkit air, gubernur dalam kesempatan ini mengemukakan alternative untuk mengatasi pemadaman bergilir ini yaitu yang pertama membuat hujan buatan untuk memenuhi kebutuhan pada bendungan bakaru kemudian yang kedua gubernur menyarankan PT. PLN mencari dan menyewa genset yang kapasitasnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dimana dana yang digunakan untuk menyewa genset diambil dari APBD Propinsi.

Lain halnya dengan solusi yang ditawarkan oleh Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, walikota mengatakan bahwa sebaiknya untuk warga makassar kelas menengah keatas agar menyediakan genset dirumah masing-masing agar pada saat beban puncak tidak terjadi pemadaman.

Melihat hal tersebut diatas sebenarnya hal ini bukanlah yang pertama kali terjadi, tahun lalu hal ini sudah terjadi namun kejadian seperti ini tidak dapat diantisipasi oleh pemerintah maupun PT. PLN sendiri, laju pembangunan dengan masuknya investasi besar di kota Makassar tidak dibarengi dengan ketersediaan energi listrik yang memadai yang mana ujung-ujungnya masyarakat kecil yang dikorbankan, bahkan rumor yang sempat beredar dikalangan masyarkat mengatakan bahwa dengan beroperasinya Trans Studio (salah satu wahana permainan yang invetasinya cukup besar dikota makasssar milik Para Group) menyebabkan pemadaman listrik terjadi.

Kreativitas dan inovasi pemerintah dan PT. PLN sangat dibutuhkan dalam menghadai persoalan semacam ini, mungkin sebagai salah satu alternative dari saya adalah pemanfaatan tenaga matahari untuk memenuhi kebutuhan listrik khususnya bagi lampu penerangan jalan, lampu penerangan jalan yang demikian banyak dan membutuhkan daya yang besar dapat dikurangi dengan pemanfaatan energi alternative sehingga masyarakat tidak lagi dibebankan pajak penerangan jalan, memang membutuhkan waktu dan dana yang besar tapi jika dilakukan mulai dari sekarang manfaatnya masih kita rasakan lima atau tujuh tahun akan datang.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: